3 Pantai Khusus Surfing di Banyuwangi

Dekat dengan pulau Bali, kabupaten Banyuwangi ternyata mempunyai deretan pantai yang tak kalah cantik dan menawan. Ada puluhan pantai yang berada di kabupaten Banyuwangi. Beberapa diantaranya menjadi surga bagi penikmat olahraga ekstrim surfing. Lokasinya berada di tempat yang mudah dikunjungi hingga ada yang harus melalui medan petualangan yang menantang dahulu untuk mencapainya. Apa dan dimana sajakah pantai-pantai tersebut. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah belakangan ini menjadi primadona kabupaten Banyuwangi. Pesona matahari terbenamnya begitu memukau. Sehingga menjadi spot sunset unggulan. Apalagi, pantai ini beberapa tahun terakhir menjadi lebih terkenal di mata wisatawan mancanegara karena event Surfing Competition tingkat internasional yang rutin digelar.

pantai, surfing, banyuwangi, pulau merah, pantai plengkung, pulau tabuhan
sumber foto: telusurindonesia.com
Keunikan dari pantai Pulau Merah ini adalah terdapat pulau kecil yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Pulau tersebut bernama pulau merah sehingga menjadi cikal bakal nama dari pantai Pulau Merah itu sendiri. Untuk menuju ke pantai Pulau Merah silahkan menuju Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi.

2. Pantai Plengkung

Memiliki reputasi ombak terbaik kedua setelah Hawai, pantai Plengkung begitu dikenal oleh para surfer nasional maupun mancanegara. Pantai ini diberi julukan "The Seven Giant Waves Wonder" oleh para surfer internasional, alasannya adalah gulungan ombak pantai Plengkung yang rata-rata berjumlah 7 gulungan ombak. Dan tinggi ombak pantai Plengkung hampir mencapai 6 meter.

pantai, surfing, banyuwangi, pulau merah, pantai plengkung, pulau tabuhan
sumber foto: initempatwisata.com
Sebutan lain dari pantai Plengkung adalah G-Land. Jadi jika wisatawan mancanegara menyebut G-Land maka dapat dipastikan itu adalah pantai Plengkung. Waktu ramai dan terbaik untuk mengunjungi pantai Plengkung adalah pada bulan April hingga Agustus saat ombak sedang bagus-bagusnya untuk surfing. Ingin ke pantai Plengkung berarti sekaligus berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo karena pantai Plengkung berada di taman nasional tersebut.

3. Pantai Pulau Tabuhan

Medan yang harus dilalui untuk menuju pantai Pulau Tabuhan cukup menantang karena harus melalui laut. Pantai ini harus dicapai menggunakan kapal atau perahu. Terletak sekitar 20 kilometer dari kota Banyuwangi pantai yang juga disebut Pulau Tabuhan ini memang berada diantara pulau Jawa dan pulau Bali. Luas pulau ini sekitar 5 hektar. Pantainya berpasir putih yang tentunya indah karena jarang terjamah oleh pengunjung.

pantai, surfing, banyuwangi, pulau merah, pantai plengkung, pulau tabuhan
sumber foto: banyuwangibagus.com
Wisatawan yang datang ke pulau Tabuhan biasanya melakukan aktivitas Kitesurfing ataupun Windsurfing. Lebih banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini karena tidak banyak yang menyenangi olahraga ekstrim tersebut. Namun jika penasaran dan ingin melakukan surfing secara ekstrim, maka tentunya tak salah pulau ini dikunjungi.

Itulah ketiga pantai khusus untuk surfing di kabupaten Banyuwangi. Kabupaten Banyuwangi kini tak sekedar kota transit penyeberangan menuju pulau Bali saja. Untuk menunjang berwisata surfing di Banyuwangi tentunya butuh akomodasi menginap yang tepat. Jangan khawatir, hotel di Banyuwangi kini sudah cukup banyak pilihan. Apalagi booking hotel kini cukup dengan sentuhan jari. Jadi ayo ke Banyuwangi!

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "3 Pantai Khusus Surfing di Banyuwangi"

  1. wiiih aku suka surfing 🙌🙌🙌 kalo dari ijen jauh engga pantai pantai diatas ?

    ReplyDelete
  2. Dr ijen paling dekat dg pulau tabuhan gan,

    ReplyDelete
  3. Dr ijen paling dekat dg pulau tabuhan gan,

    ReplyDelete
  4. http://zidnyfitry.com/
    Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang sangat berguna dan bermutu.

    ReplyDelete