Wednesday, September 28, 2016

3 Pantai Khusus Surfing di Banyuwangi

Dekat dengan pulau Bali, kabupaten Banyuwangi ternyata mempunyai deretan pantai yang tak kalah cantik dan menawan. Ada puluhan pantai yang berada di kabupaten Banyuwangi. Beberapa diantaranya menjadi surga bagi penikmat olahraga ekstrim surfing. Lokasinya berada di tempat yang mudah dikunjungi hingga ada yang harus melalui medan petualangan yang menantang dahulu untuk mencapainya. Apa dan dimana sajakah pantai-pantai tersebut. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah belakangan ini menjadi primadona kabupaten Banyuwangi. Pesona matahari terbenamnya begitu memukau. Sehingga menjadi spot sunset unggulan. Apalagi, pantai ini beberapa tahun terakhir menjadi lebih terkenal di mata wisatawan mancanegara karena event Surfing Competition tingkat internasional yang rutin digelar.

pantai, surfing, banyuwangi, pulau merah, pantai plengkung, pulau tabuhan
sumber foto: telusurindonesia.com
Keunikan dari pantai Pulau Merah ini adalah terdapat pulau kecil yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Pulau tersebut bernama pulau merah sehingga menjadi cikal bakal nama dari pantai Pulau Merah itu sendiri. Untuk menuju ke pantai Pulau Merah silahkan menuju Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi.

2. Pantai Plengkung

Memiliki reputasi ombak terbaik kedua setelah Hawai, pantai Plengkung begitu dikenal oleh para surfer nasional maupun mancanegara. Pantai ini diberi julukan "The Seven Giant Waves Wonder" oleh para surfer internasional, alasannya adalah gulungan ombak pantai Plengkung yang rata-rata berjumlah 7 gulungan ombak. Dan tinggi ombak pantai Plengkung hampir mencapai 6 meter.

pantai, surfing, banyuwangi, pulau merah, pantai plengkung, pulau tabuhan
sumber foto: initempatwisata.com
Sebutan lain dari pantai Plengkung adalah G-Land. Jadi jika wisatawan mancanegara menyebut G-Land maka dapat dipastikan itu adalah pantai Plengkung. Waktu ramai dan terbaik untuk mengunjungi pantai Plengkung adalah pada bulan April hingga Agustus saat ombak sedang bagus-bagusnya untuk surfing. Ingin ke pantai Plengkung berarti sekaligus berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo karena pantai Plengkung berada di taman nasional tersebut.

3. Pantai Pulau Tabuhan

Medan yang harus dilalui untuk menuju pantai Pulau Tabuhan cukup menantang karena harus melalui laut. Pantai ini harus dicapai menggunakan kapal atau perahu. Terletak sekitar 20 kilometer dari kota Banyuwangi pantai yang juga disebut Pulau Tabuhan ini memang berada diantara pulau Jawa dan pulau Bali. Luas pulau ini sekitar 5 hektar. Pantainya berpasir putih yang tentunya indah karena jarang terjamah oleh pengunjung.

pantai, surfing, banyuwangi, pulau merah, pantai plengkung, pulau tabuhan
sumber foto: banyuwangibagus.com
Wisatawan yang datang ke pulau Tabuhan biasanya melakukan aktivitas Kitesurfing ataupun Windsurfing. Lebih banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini karena tidak banyak yang menyenangi olahraga ekstrim tersebut. Namun jika penasaran dan ingin melakukan surfing secara ekstrim, maka tentunya tak salah pulau ini dikunjungi.

Itulah ketiga pantai khusus untuk surfing di kabupaten Banyuwangi. Kabupaten Banyuwangi kini tak sekedar kota transit penyeberangan menuju pulau Bali saja. Untuk menunjang berwisata surfing di Banyuwangi tentunya butuh akomodasi menginap yang tepat. Jangan khawatir, hotel di Banyuwangi kini sudah cukup banyak pilihan. Apalagi booking hotel kini cukup dengan sentuhan jari. Jadi ayo ke Banyuwangi!

Tuesday, September 27, 2016

Cara Mudah Update Firmware Kamera Mirrorless Nikon 1 J3


update, firmware, update firmware, mirrorless nikon, nikon 1 j3
sumber foto: www.ephotozine.com
Nikon 1 adalah seri mirrorless keluaran produsen Nikon. Kita tahu Nikon selama ini terlalu fokus pada kamera DSLR sehingga jajaran kamera mirrolessnya kurang begitu dikenal dan sulit dipasaran. Nikon 1 yang saya miliki adalah Nikon 1 seri J3, secara resmi J3 dirilis pada tahun 2014 namun baru banyak beredar tahun 2015. Di beberapa toko kamera besar khususnya Jakarta seri ini terkadang masih dapat ditemui tentunya dengan stok yang sedikit. Nikon 1 J3 banyak dicari karena seri ini harganya sangat  terjangkau, baik yang paket 1 lensa (standar) atau 2 lensa (standar + tele). Seri terbaru Nikon 1 adalah J5, harganya juga tergolong masih terjangkau karena berada di kisaran 5 hingga 6 juta dengan paket 2 lensa (standar + tele).

Saya kurang beruntung karena hanya mendapat Nikon 1 J3 versi 1 lensa. Karena begitu sulitnya kamera mirrorless ini didapatkan di daerah saya, Jogja. Lensa Nikon 1 memiliki nama 1 Nikkor. Lensa standar dari Nikon 1 sendiri memiliki spesifikasi 10-30mm 1:3.5-5.6 VR yang berarti sangat standar bagi kamera pada umumnya. Namun dengan lensa standar ini kualitas Nikon 1 J3 cukup mumpuni, apalagi kelebihan kamera ini adalah autofokus yang cepat ditambah harga sangat terjangkau pula. Sehingga membuat seri kamera ini cukup masuk akal untuk dikoleksi.

Karena saya tidak mau ribet untuk mencari toko kamera yang mau mengupgrade firmware Nikon 1 J3 saya, saya iseng menelusuri sendiri tutorial untuk update firmware. Saya tak menemukan satu pun tutorial yang berbahasa Indonesia untuk update firmware kamera Nikon 1 J3. Tutorial bawaanpun jika dibaca sedikit membingungkan. Untunglah praktek update firmware saya berhasil, Saya akan jelaskan bagaimana cara mudah update firmware kamera mirrorless Nikon 1 J3 ini tanpa ribet seperti tutorial bawaan.

Langkah awal yang harus kita siapkan dalam update firmware adalah:
  1. Backup foto yang berada di kamera
  2. Charger hingga penuh baterai kamera 
Backup foto dimaksudkan agar file foto kita aman. Segala resiko jika foto hilang jika tidak dibackup silahkan ditanggung sendiri. Baterai penuh dimaksudkan agar saat proses update kamera Nikon 1 kita aman dari mati, jika saat proses kamera mati maka hanya service center yang dapat mengatasinya. Walaupun sebenarnya proses update firmware ini tidak lebih dari 5 menit.

Langkah selanjutnya adalah:
  1. Download file firmware terbaru disini, firmware bawaan Nikon 1 J3 adalah 1.00 sedangkan firmware terbaru adalah 1.20
  2. Buka/ekstrak file firmware yang bernama F-J3-V120W
  3. Nanti akan muncul folder bernama J3Update yang didalamnya terdapat file J3_0120 yang berformat .bin
  4. Copy file J3_0120 tersebut pada memory card kamera, taruh file tersebut diluar jangan dibuatkan atau dimasukan ke dalam suatu folder
  5. Masukan memory card dan hidupkan kamera
  6. Ingat pastikan baterai kamera tercharger penuh atau pilihan lain agar aman adalah colokan kabel data pada daya listrik
Proses Update Firmware:
  1. Hidupkan kamera yang memory cardnya telah terisi file J3_0120;
  2. Tekan tombol Menu lalu pilih Setup;
  3. Scroll kebawah dan pilih Firmware version;
  4. Akan muncul pilihan Update jika kita sudah menaruh file J3_0120 dengan benar, tentunya jika ingin update maka pilih pilihan tersebut;
  5. Akan tampil informasi Current firmware dan New firmware yang akan diupdate, pilih Yes untuk melanjutkan;
  6. Selanjutnya adalah proses Updating, prosesnya kira-kira memakan waktu sekitar 5 menit. Jangan sampai kamera mati dan jangan sentuh tombol apapun;
  7. Setelah update completed, matikan kamera;
  8. Hidupkan kamera, hal pertama yang wajib dilakukan adalah pengaturan zona waktu serta tanggal dan waktu;
  9. Selamat kamera Nikon 1 J3 telah terupdate firmware terbaru. 
Itulah tutorial cara mudah update firmware kamera mirrorless Nikon 1 J3. Sangat mudah dipahami kan daripada di websitenya. Jangan hambur-hamburkan biaya hanya untuk update firmware di tempat service kamera. Oh iya untuk fitur terbaru dan yang diperbaiki, silahkan baca dibawah ini:

update, firmware, update firmware, mirrorless nikon, nikon 1 j3
Fitur terbaru firmware Nikon 1 J3 versi 1.20