Wednesday, May 10, 2017

Lakukan Hal Ini Agar Membeli Rumah Dapat Berjalan Dengan Lancar

Lakukan Hal Ini Agar Membeli Rumah Dapat Berjalan Dengan Lancar

Membeli rumah merupakan tujuan hidup yang dimiliki hampir semua orang. Rumah adalah salah satu elemen yang cukup penting untuk menciptakan keluarga yang hidup dengan baik. Meskipun saat ini banyak perusahaan dan agen jual rumah menawarkan rumah dengan beragam tipe dan harga. Namun jika kamu pertama kali membeli rumah tentu pilihan rumah yang akan kamu pilih ialah yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Kasus seperti ini biasanya dialami oleh pasangan usia muda yang baru menikah. Selan itu rumah yang dipilih pun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah penghuni yang akan tinggal.

Sayangnya kegiatan atau proses jual rumah tidak dapat dilakukan dengan mudah dalam waktu yang cepat. Ada beberapa proses dan langkah yang harus kamu lakukan untuk melancarkan transaksi. Sebelum kamu membeli rumah yang kamu pilih sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini untuk memantapkan hati dan melancarkan proses transaksi.

Beli Rumah Di Waktu Yang Tepat

Kapan waktu membeli rumah yang tepat ? banyak masyarakat yang akan menjawabnya dengan jawaban seperti “ ketika kondisi pasar sedang baik” atau “ saat ekonomi sedang tumbuh “ dan lain sebagainya. Pendapat dan jawaban tersebut memang tidak salah. Namun waktu yang tepat untuk kamu membeli rumah ialah ketika kamu sudah membutuhkannya dan dana yang kamu miliki sudah cukup. Kapan pun itu.

Tujuan Jangka Panjang

Hal pertama yang harus kamu pikiran ketika membeli rumah ialah jangka waktu dan tujuan utama kamu membeli rumah. Jangan sampai kamu membeli rumah, namun tidak digunakan dengan baik. Terlebih lagi jika rumah tersebut dibeli dengan cara kredit. Beli rumah yang dapat kamu manfaatkan dengan baik, setidaknya bila tidak kamu tempati kamu sewakan kepada yang membutuhkan. Jangan biarkan rumah yang kamu beli tidak memiliki manfaat atau tidak dimanfaatkan. Hindari membeli rumah dengan alasan mumpung harga pasar sedang turun. Bila memang kamu memiliki niat untuk membeli rumah sebagai investasi maka belilah rumah tersebut secara tunai.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Pastikan untuk memperhitungkan kebutuhanmu sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Sesuaikan rumah dengan kebutuhan yang kamu perlukan. Seperti misalnya kamu memerlukan 3 kamar untuk kamu dan pasangan, calon anak, dan tamu. Hal – hal seperti ini akan berpengaruh pada tipe rumah yang akan kamu beli. Apakah rumah yang kamu perlukan merupakan tipe minimalis, tingkat dua, atau rumah megah, rumah tradisional atau rumah modern ?.

Konsultasi Dengan Agen Properti

Mengandalkan jasa agen jual rumah Bandung untuk membantu memilik rumah yang sesuaimerupakan keputusan yang cukup bijak. Selama ada ahli mengapa tidak kamu manfaatkan jasanya? Agen properti akan membantu kamu untuk menemukan rumah yang kamu inginkan dan butuhkan, menyesuaikan budget yang kamu miliki dengan rumah yang kamu butuhkan. Selain itu agen properti juga akan membantu kamu untuk melakukan negosiasi nilai jual rumah dengan pemilik rumah, mengurus proses administrasi hingga dokumen kepemilikan rumah. Jika kamu akan memilih menggunakan ahli agen properti, pastikan untuk memilih agen yang sudah berpengalaman atau profsional. Kamu bisa bertanya ke teman atau kerabat, atau bahkan melakukan pencarian revie agen properti di mesin pencarian online.

Tentukan Cara Pembayaran Yang Akan Kamu Lakukan

Cara pembayaran membeli rumah dapat dilakukan dengan beragam cara mulai dari secara tunai keras, tunai bertahap hingga kredit pemilikan rumah atau KPR dan hipotik. Pilih cara pembayaran yang sesuai dengan kondisi finansialmu. Namun bila memungkinkan pilih tunai keras tau tunai bertahap. Keduanya cara tersebut akan membuat nilai jual rumah menjadi lebih murah dibandingkan dengan KPR. Namun jika tidak memungkinkan jangan memaksakan untuk melakukan cara pembayaran tersebut. Sebaiknya pilih KPR saja yanglebih mudah.

Kondisi Rumah

Jika kamu memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi atau sudah tampak eujud unitnya. Pastikan kamu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada setiap bagian di dalam rumah. Pastikan rumah tidak memiliki cacat atau kerusakan berarti. Periksa pula fasilitas yang ada di dalam rumah seperti ventilasi udara, pembuangan, aluran air dan saluran listrik. Bila ada cacat atau kerusakan, pastikan untuk mendapatkan garansi perbaikan agar kamu tidak perlu melakukan perbaikan rumah sendiri.

Lingkungan

Lingkungan merupakan hal yang cukup penting dipertimbangkan ketika kamu membeli rumah. Lingkungan yang nyaman dengan tetangga dan fasilitas yang baik tentu akan membantu pertumbuhan keluargamu menjadi lebih baik. Pertumbuhan ini meliputi pertumbuhan fisik dan psikologis. Maka pastikan juga untuk memeriksa keadaan dan kondisi lingkungan.

Siapkan Dana Darurat

Tidak ada yang tau apa yang akan terjadi dimasa yang mendatang. Kamu harus selalu siap untuk memiliki solusi dan melakukan antisipasi. Ketika kamu membeli rumah tentu kamu akan membutuhkan furniture dan perabotan atau perlengkapan lainnya seperti kipas angina tau AC, dan kebutuhan lainnya. kamu juga harus mempersiapkan biaya untuk perawatan rumah di masa mendatang. Siapkan dana lebih untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama dan usaha serta tenaga yang lebih. Proses membeli rumah nyatanya memang harus kita jalani demi memiliki tempat tinggal yang layak. Semoga ulasan diatas dapat memudahkan kamu untuk melancarkan proses jual beli rumah.

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon