10 Tips Solo Traveling Bagi Pemula

No Comments
10 Tips Solo Traveling Bagi Pemula

Solo traveling memang mengasyikkan karena kamu tidak terikat dengan rombongan atau punteman-teman yang lainnya. Dengan begitu kamu bisa mengeksplorasi lebih banyak tempat wisata sendirian bahkan kamu juga bisa berlama-lama di tempat wisata yang kamu sangat sukai. 

Saat ini ada lebih banyak perempuan yang memberanikan diri untuk Solo travelling baik dengan menjelajahi tempat-tempat di tanah air maupun memberanikan diri untuk travelling keluar negeri sendirian. Jika kamu ingin mencoba Solo traveling, simak terlebih dahulu beberapa tips dibawah ini yang dihimpun dari berbagai sumber. 

1. Bikin daftar barang bawaan

Tentukan barang bawaan yang akan kamu packing ke dalam tas ataupun koper yang sudah kamu sesuaikan dengan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Menu hendak Eropa ataupun ke Amerika harus memahami bahwa negara tersebut memiliki empat musim yang berbeda. Jadi pastikan kamu membawa pakaian sesuai dengan musim yang sedang berlangsung di tempat tujuan. 

2. Urus visa lebih awal

Jika kamu ingin traveling keluar negeri salah satu yang harus kamu urus lebih awal adalah izin Visa. Sebelum mengurus izin visa kamu harus memiliki paspor terlebih dahulu. Namun jika negara yang kamu tuju adalah negara bebas visa kamu bisa lanjut dengan mulai mencari tiket pesawat ataupun reservasi hotel lebih awal. 

Ada baiknya kamu juga melakukan reservasi tiket pesawat Citilink lebih awal untuk tujuan domestik misalnya ke Bali ataupun ke Lombok agar kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat terbaik. 

3. Pahami aturan membawa barang ke kabin pesawat

Bagi kaum hawa yang memiliki banyak barang kosmetik dan juga perlengkapan mandi ada aturannya harus dipahami ketika membawa barang-barang itu ke kabin pesawat. Pastikan semuanya ditempatkan dalam kemasan 100 ml. Kemudian jika dikalkulasi semua benda cair tersebut tidak boleh lebih dari 1 liter. Lalu tempatkan dalam kantong yang transparan. 

4. Jangan lupa power bank dan travel adaptor 

Jika kamu ingin solo traveling keluar negeri pastikan kamu membawa power bank dan travel adaptor. Colokan listrik di beberapa negara sangat berbeda dengan di Indonesia. Untuk itu ada baiknya kamu menyiapkan sejak awal untuk membawa travel adaptor universal yang bisa digunakan di berbagai negara manapun juga. Agar tetap bisa update dan bisa memberi kabar keluarga jangan sampaike habisan baterai di jalan. Bahwa beberapa cadangan powerbank, terutama pada saat kondisi darurat ketika kamu membutuhkannya. 

5. Packing dengan benar

Packing menjadi salah satu hal yang penting bagi para Solo Traveler. Karena kamu harus bisa memuat semua barang maksimal dalam dua tas. Pertama tas yang bisa kamu gendong atau menggunakan koper yang tidak lebih dari 7 kg, atau menggunakan ceril sehingga tak perlu repot geret-geret koper di bandara. Gulung pakain agar bisa menghemat ruang sehingga semua barang bisa masuk dalam satu tas saja. Pisahkan barang berharga di tas lainnya. 

6. Bawa P3K dan obat obatan pribadi

Jangan lupa membawa beberapa obat-obat P3K paling krusial dan juga obat-obatan jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu. Pastikan kamu memiliki asuransi dan juga sudah berkonsultasi ke dokter jika kamu ingin melakukan Solo traveling. Minimal dokter bisa memastikan bahwa kamu cukup sehat untuk melakukan perjalanan sendirian. Kebutuhan asuransi bisa Kamu urus sebelum mengurus visa atau melakukan booking tiket pesawat. 

7. Riset tempat wisata yang hendak dituju

Pastikan kamu mengetahui tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi. Mulai dari harga tiket masuk, ongkos transportasi, hotel yang paling dekat dengan tempat wisata yang akan kamu tuju. Ada baiknya kamu menyusun itinerary perjalanan dengan terstruktur sehingga bisa lebih efisien saat Solo traveling. 

8. Tukar uang di dalam negeri

Mana yang lebih murah antara menukar uang di dalam negeri atau mengambil dari ATM saat sudah berada di negara tujuan? Keduanya ditentukan oleh konversi mata uang pada saat penukaran atau pengambilan uang. Jadi, penukaran mata uang bukan hanya dipengaruhi oleh tempat tapi juga dipengaruhi oleh waktu. Jika kamu ingin lebih nyaman dan aman lebih baik menukarkan uang saat berada dalam negeri. Jika kehabisan uang saat berada di luar negeri kamu sebaiknya menukarkan di bank resmi demi menghindari penipuan.

9. Membaur dengan warga lokal

Salah satu yang paling mencolok bagi seorang Solo traveler adalah tantangan untuk membayar di tengah-tengah warga lokal. Untuk itu kamu harus terampil dan juga supel saat berada di luar negeri. Pintar-pintarlah mencari teman untuk melakukan trip bersama, saat berada di luar negeri. 

10. Cari rekomendasi tempat wisata terbaik dari warga lokal

Orang yang paling mengetahui kampung halamannya adalah penduduk yang tinggal di desa tersebut. Agar kamu bisa mengetahui tempat wisata terbaik di negara orang lain, mau tak mau kamu harus berbaur dengan warga lokal dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat wisata tersembunyi yang tidak diketahui banyak orang.

Salah satu cara untuk mencari tiket murah keluar negeri adalah dengan mengikuti travel Fair yang kerap diadakan oleh beberapa maskapai penerbangan ternama. Biasanya mereka memberikan diskon hampir 50% lebih, jangan menunda untuk membeli pesawat saat mencari tiket murah pastikan kamu mengetahui harga normalnya terlebih dahulu.
Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment